Senin, 17 Februari 2014

Manfaat Teh Basi

  Teh akan sangat nikmat jika diseduh selagi hangat. Selain memberikan rasa rileks, konsumsi teh juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Bagi kebanyakan orang mengkonsumsi teh yang masih segar adalah hal yang biasa. Tapi tahukan anda, bahwa teh yang telah basi masih dapat digunakan dan mengandung berbagai manfaat. Oleh karena itu bagi sebagian orang yang mengetahuinya tidak akan membuang teh yang telah basi.
Manfaat teh basi erat kaitannya dengan kecantikan dan kesehatan kulit. Teh basi yang dimaksud disini adalah teh sisa rendaman, baik daun tehnya maupun airnya. Bukan berarti teh yang telah direndam berhari-hari. Cukup sisa teh yang telah direndam 1-2 hari. Dan yang pasti teh basi yang digunakan bebas dari gula alias tawar. Mau tahu manfaat lainnya?

Kesehatan Mata.
Bagi anda yang hobi atau berkerja didepan layar komputer, tentunya pernah mengalami pandangan kabur sejenak (blur). Teh basi dapat digunakan untuk menjernihkan pandangan mata. Cara yang dapat digunakan adalah dengan memasukkan wajah pada mangkok yang berisi air teh basi. Buka mata ketika wajah berada dalam rendaman air, kedip dan putar mata sesekali agar teh dapat membersihkan dan menjernihkan mata.

Kesehatan Kulit Wajah.
Teh basi berkhasiat untuk menghilangkan keriput pada wajah. Tak hanya itu, teh basi juga bermanfaat mengangkat sel kulit mati, menghilangkan flek hitam, menghilangkan jerawat, membersihkan kulit dan mengatasi komedo. Caranya basuh muka dengan menggunakan air teh yang telah direndam semalaman dan gosok wajah dengan menggunakan daun tehnya.

Kesehatan Rambut.
Rambut kusam atau rontok adalah masalah yang sering dialami seseorang, khususnya wanita. Rambut rontok dapat disebabkan karena stres, ketombe atau tidak cocok dengan shampo yang digunakan. Untuk mengurangi hal itu gunakan teh basi untuk mencuci rambut (keramas) sebagai pengganti shampo, pijat kulit kepala ketika keramas dan diamkan sebentar. Selanjutnya bilas dengan air hingga bersih. Gunakan teh basi untuk keramas secara rutin untuk mendapatkan hasil rambut yang sehat dan kuat.
Manfaat teh basi lebih banyak mengarah pada pemakaian luar dan bukan dengan cara diminum. Karena teh basi tetap berasal dari pucuk daun tanaman teh yang alami, sehingga akan tetap aman digunakan meski untuk jangka waktu yang lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar